Strategi Portfolio

Strategi porto folio merupakan pendekatan dalam memilih bisnis apa yang akan dimasuki. Terdapat empat strategi pertumbuhan yaitu :

1.        Strategi pertumbuhan intensif perusahaan.

2.        Keunggulan bersaing produk/perusahaan sesuai dengan area bisnis.

3.        Sinergi fungsi-fungsi dalam perusahaan untuk meningkatkan kapabilitas.

4.        Fleksibilitas strategi portofolio.

 

Strategi pertumbuhan intensif secara spesifik adalah ruang lingkup dan arah bisnis perusahaan masa saat ini dan mendatang.

Produk

Pasar

Sekarang

Baru

Sekarang

Penetrasi Pasar

Pengembangan Produk

Baru

Pengembangan Pasar

Diversifikasi

Gambar Strategi Pertumbuhan Intensif

(Ansoff, The New Corporate Strategy)

  • Strategi Penetrasi Pasar (Market Penetration)

Strategi perusahaan dengan cara meningkatkan pangsa pasar atas produk dan pasar yang telah dicapai. Adapun pendekatan yang dilakukan yaitu : membujuk konsumen agar membeli produk lebih banyak, mengalihkan pelanggan pesaing terhadap produk kita, mencari prospek pelanggan baru dari pemakai produk substitusi.

  • Strategi Pengembangan Pasar (Market Development)

Strategi perusahaan dengan cara memasuki pasar yang sama sekali baru dan memenuhi kebutuhannya dengan produk kita. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari pasar potensial, mencari jalur distribusi baru, dan menjual dilokasi baru.

  • Strategi Pengembangan Produk (Product Development)

Strategi perusahaan dengan cara mengembangkan dan membuat produk baru untuk menggantikan produk yang ada di pasar saat ini. Dapat dilakukan dengan pertumbuhan intensif seperti : mengembangkan tampilan baru, membuat produk dengan kualitas yang berbeda, dan mengembangkan teknologi baru untuk menghasilkan produk.

  • Strategi Diversifikasi (Diversification)

Strategi perusahaan dengan cara mengembangkan produk dan pasar baru secara bersamaan. Produk ini dapat diluar bisnis sekarang tetapi masih relevan atau berbeda sama sekali. Strategi ni dilakukan dengan bentuk strategi diversifikasi konsentrik, diversifikasi horizontal, atau diversifikasi konglomerasi.

About Manajemen Strategis

Bekerja di BUMN pada bidang Manajemen Strategis

Posted on 26/06/2011, in Strategi Korporasi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: